23 Jul 2012

Banjir di Ibukota Cina

Curah hujan terberat untuk memukul China modal Beijing dalam 60 tahun terakhir membuat 37 orang tewas dan ribuan terdampar di bandara utama.Banjir melanda pada hari Sabtu sore dan berlanjut sampai malam, membanjiri jalan-jalan utama, kata media pemerintah. Atap runtuh, sambaran petir dan listrik dari jaringan listrik jatuh adalah di antara penyebab kematian. Lebih dari 500 penerbangan dibatalkan di bandara utama, Beijing News melaporkan.

sampai hari Minggu malam, lebih dari 65.000 orang harus diungsikan. Pejabat Beijing mengatakan 37 orang tewas, 25 dari mereka dari tenggelam. "Ada yang bisa lebih jauh skala besar badai atau cuaca ekstrim," kata website kota Beijing pemerintah. Luar ibu kota, 17 orang dilaporkan hilang di barat laut provinsi Shaanxi dan delapan orang tewas di barat daya provinsi Sichuan, karena hujan lebat kata laporan lain Xinhua.

Di daerah Fugu di Shaanxi, pihak berwenang mengatakan empat mayat telah ditemukan, tetapi tidak diketahui apakah mereka termasuk di antara 17 hilang, kata Xinhua.
"Seperti air terjun'Inggris mahasiswa Tom Smith, yang telah tinggal di China selama satu tahun, mengatakan kepada BBC itu seperti "berdiri di bawah air terjun.

"Semua manholes telah lenyap karena air sedang duduk di atas mereka. Terlihat sangat berbahaya dan sangat sulit untuk menemukan di mana lubang itu," katanya. Guangqumen layang di Beijing, 21 Juli Chaos di jembatan Guangqumen ibukota Inggris pengusaha Ewen Wardman melihat seorang wanita nyaris lolos dari kematian setelah terperangkap oleh banjir di sistem drainase lubang got.

"Saya melihat seorang wanita berjalan di jalan Tiba-tiba dia menyapu 100 meter di jalan dan. Datang tiba berhenti, tertahan di jalan dengan air yang mengalir dari atas dia. "Beberapa 20-30 orang telah mengepungnya tetapi hanya sedikit bisa membantu," katanya kepada BBC. "Itu tidak terlihat baik pada awalnya karena air terus mengalir di atas kepalanya, tapi setelah sekitar lima menit mereka menarik bebas."

Sebuah laporan di surat kabar Global Times mengatakan orang-orang di Beijing yang menawarkan bantuan untuk mereka yang terkena dampak atau terdampar oleh hujan melalui media sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar