28 Jan 2010

INSTITUT DALAM ISLAM

1. INSTITUSI
Institusi atau lembaga adalah sebagai alat atau sarana organisasi untuk mencapai tujuan tertentu. Dan institusi juga sebagai sistem norma untuk memenuhi kebutuhan.
Istilah institusi atau lembaga merupakan pengalihbahasaan dari istilah Inggris yaitu Social Institution yang artinya bangunan sosial. Menurut Robert Mark Iver dan Harles, Social Institution ialah tata cara prosedur yang telah diciptakan untuk mengatur manusia yang berkelompok dalam suatu kelompok kemasyarakatan. Sedangkan dari sudut fungsinya social institution adalah jaringan dari proses hubungan antar manusia dan antar kelompok yang berfungsi meraih dan memelihara kebutuhan hidup
Sedangkan tujuan institusi adalah memenuhi segala kebutuhan pokok manusia seperti kebutuhan keluarga, hukum, politik, sosial budaya, dll.

2. INSTITUSI ISLAM
Institusi adalah sistem nilai atau norma, adapun norma Islam terdapat dalam aqidah, ibadah, muamalah dan akhlak. Norma aqidah tercermin dalam rukun iman yang enam. Sedangkan norma ibadah tercantum dalam tharah, sholat, zakat, puasa, haji. Dan norma muamalah tercermin dalam hukum perdagangan, perserikatan, bank, asuransi, nikah, waris, pidana, politik. Adapun dalam norma akhlak tercermin dalam akhlak terhadap Allah SWT dan makhluk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar